TEKNOLOGI

5 Rahasia di Balik Performa Snapdragon 845

Kayak yang sama-sama kita tahu sekarang ini memang makin banyak smartphone flagship datang ke Indonesia dari berbagai brand global. Dan kebanyakan yang kencang dan nyaman dipakai rata-rata menggunakan chipset Snapdragon.

Nggak heran sih karena Qualcomm memang sudah menghabiskan dana sampai US$50 miliar selama 30 tahun buat mengembangkan chipset-chipset buatannya. Dan chipset mereka yang paling baru dan powerful saat ini nggak lain adalah Snapdragon 845.

Cuma pertanyaannya, sekencang apa sih Snapdragon 845 dan se-worth it apa buat dibeli? Prediksi dari kami, Snapdragon 845 masih terasa ngebut setidaknya buat dua atau tiga tahun ke depan. Kenapa? Lima poin berikut ini adalah alasannya.

Kryo 385 + Adreno 630

sd84502

Pertama soal performa. CPU Kryo 385 (baca: Kraiyo) dan GPU Adreno 630 yang ada di dalam Snapdragon 845 adalah kuncinya. Kombinasi keduanya bisa menjalankan aplikasi atau game dengan smooth tanpa lag.

Mungkin kalau di smartphone lain kita harus nurunin resolusi grafis biar bisa main PUBG. Nah di Snapdragon 845 kita bisa pakai grafis paling mentok tapi bisa tetap dapat 60 fps. Feel-nya kurang lebih kayak main game di konsol.

Contoh lain yang sudah kami coba yakni ketika bermain Asphalt 9. Game racing yang baru beberapa hari dirilis tersebut menawarkan grafis kelas atas ala konsol. Dan ketika kita main menggunakan smartphone dengan otak Snapdragon 845, kita bisa merasakan efek motion blur yang nggak bisa dirasain di smartphone menengah ke bawah.

Dan yang paling menarik, performa Snapdragon 845 ini lebih kencang dari versi sebelumnya, tapi konsumsi dayanya lebih irit. Rahasianya ada di fabrikasinya yang sudah 10 nanometer, salah satu yang paling canggih di kelas smartphone untuk saat ini.

Prosesor khusus kamera

sd84508

Kedua soal kamera. Di Snapdragon 845 ada prosesor khusus, yaitu Spectra 280 yang bisa capture foto sampai 1 milyar warna. Makanya nggak heran hasil jepretan smartphone-smartphone flagship itu lebih detail dan colorful. Soalnya percuma aja kan kalau resolusinya besar tapi nggak bisa hasilin reproduksi warna yang bagus.

Buat yang hobi merekam video, kita bisa record video resolusi 4K 60 fps jadi selevel kamera profesional. Plus, juga bisa rekam video slow motion 480 fps. Walaupun mungkin jarang dipakai, tapi sewaktu-waktu kita pasti bakal merasakan baagimana asyiknya bikin video slow motion.

Extended reality dan AI

sd84503

Ketiga soal AI dan XR atau extended reality yang memang lagi booming banget tahun ini. Teknologi ini bakal berguna banget buat jalanin game augmented reality atau virtual reality. Dibantu dengan AI, contohnya bisa melakukan eye tracking atau hand tracking biar main game virtual reality jadi lebih terasa kayak sungguhan.

Nah kalau AI-nya sendiri, di Snapdragon 845 diklaimnya sih sudah meningkat 300 persen dari versi sebelumnya. Kalau sekarang ini, AI paling sering dipakai buat motret. Kita nggak perlu ribet ngatur ini itu, AI bisa bantu hasilin foto yang lebih optimal sesuai kondisi.

AI juga bakal berguna buat kalian yang suka ngobrol sama Google Assistant. Fungsi lainnya, AI juga bisa bantu mengoptimalkan fungsi face unlock di smartphone jadi lebih akurat dan cepat pas deteksi wajah kita.

Anti maling data

sd84504

Keempat soal sekuriti. Kita kan terbiasa menyimpan segala file pribadi di smartphone. Nah sebenarnya yang namanya maling data itu bisa saja nyuri password atau data fingerprint kita dari jarak jauh. Mereka bisa pakai untuk download foto-foto kita atau transaksi pakai aplikasi mobile banking kita.

Untuk melawan maling data kayak gitu, di Snapdragon 845 ada prosesor khusus atau secure processing unit. Fungsinya buat melindungi data biometrik atau info pembayaran dengan sistem enkripsi. Jadi bot maling yang mau mencuri bakal kebingungan karena ada kode-kode random yang harus mereka pecahkan lebih dulu.

Koneksi 1,2 Gbps

sd84505

Terakhir yang kelima soal konektivitas. Ini juga penting karena smartphone nggak bakal terasa smart kalo nggak ada internet. Snapdragon 845 sendiri sudah support dual-4G dan untuk speed-nya untuk upload atau pun download bisa nyentuh kecepatan 1,2 Gbps. Dengan catatan jaringannya mendukung.

Nah, dari penjelasan barusan, bisa kita simpulkan kalau Snapdragon 845 masih bakal jadi prosesor yang powerful untuk saat ini atau bahkan sampai dua atau tiga tahun ke depan. Kabar baiknya, saat ini sudah ada tiga smartphone berbasis Snapdragon 845 yang dijual resmi di Indonesia dan gosipnya masih ada tipe lain yang juga bakal dijual resmi.

SEPAKBOLA
Manchester City Tundukkan Manchester United 3-1

Manchester - Manchester City memenangi Derby Manchester. Tampil dominan di Etihad Stadium, Senin…

POLITIK
Anies Ingatkan Anak Buahnya: Jangan Gerogoti Anggaran

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua pihak meneladani pahlawan. Anies…

POLITIK
Benarkah Dana Desa Mengurangi Pengangguran & Orang Miskin Di Desa?

Inonesia.com - Belakangan ini banyak terungkap kasus korupsi program dana desa.…